COST REDUCTION IN PURCHASING COST SAVING & RISK MITIGATION IN PURCHASING DEMAND FORECASTING & INVENTORY CONTROLL MANAJEMEN PENGADAAN BARANG DAN JASA PROCUREMENT MANAGEMENT PROFITABLE PURCHASING TEKNIK NEGOSIASI PEMBELIAN TOTAL COST OWNERSHIP (TCO) VENDOR MANAGEMENT
in Artikel & Berita - 04 May, 2015
by trainingpurchasing - no comments
APA ITU PURCHASING & TUGAS MANAJER PURCHASING

APA ITU PURCHASING

Purchasing / Pembelian mengacu pada bisnis atau organisasi berusaha untuk memperoleh barang atau jasa untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. Meskipun ada beberapa organisasi yang mencoba untuk menetapkan standar dalam proses pembelian, proses dapat sangat bervariasi antara organisasi. Biasanya kata “beli” tidak digunakan bergantian dengan kata “pengadaan”, karena pengadaan biasanya mencakup percepatan, kualitas pemasok, dan transportasi dan logistik (T & L) selain pembelian.

TUGAS MANAJER PURCHASING

Manajer pembelian / direksi, dan manajer pengadaan / direksi memandu prosedur akuisisi organisasi dan standar. Kebanyakan organisasi menggunakan tiga cara cek sebagai dasar dari program pembelian mereka. Hal ini melibatkan tiga departemen dalam organisasi menyelesaikan bagian terpisah dari proses akuisisi. Tiga departemen tidak semua laporan kepada manajer senior yang sama, untuk mencegah praktik yang tidak etis dan memberikan kredibilitas untuk proses. Departemen ini bisa membeli, menerima dan hutang; atau rekayasa, pembelian dan hutang; atau manajer pabrik, pembelian dan hutang. Kombinasi dapat bervariasi secara signifikan, tetapi departemen pembelian dan hutang biasanya dua dari tiga departemen yang terlibat.

Ketika departemen penerima tidak terlibat, itu biasanya disebut dua arah cek atau pesanan pembelian dua arah. Dalam situasi ini, departemen pembelian mengeluarkan tanda terima pesanan pembelian tidak diperlukan. Ketika faktur tiba terhadap perintah, departemen hutang maka akan langsung ke pemohon dari pesanan pembelian untuk memverifikasi bahwa barang atau jasa yang diterima. Hal ini biasanya apa yang dilakukan untuk barang dan jasa yang akan melewati departemen penerima. Beberapa contoh perangkat lunak yang dikirimkan secara elektronik, NRE bekerja (non-reoccurring jasa engineering), jam konsultasi, dll

Secara historis, departemen pembelian mengeluarkan pesanan pembelian untuk persediaan, jasa, peralatan, dan bahan baku. Kemudian, dalam upaya untuk mengurangi biaya administrasi terkait dengan pemesanan berulang item dasar habis, “selimut” atau “master” perjanjian yang dimasukkan ke dalam tempat. Jenis perjanjian biasanya memiliki durasi yang lebih lama dan meningkatkan lingkup untuk memaksimalkan jumlah konsep skala. Ketika pasokan tambahan yang diperlukan, siaran sederhana akan dikeluarkan untuk pemasok untuk menyediakan barang atau jasa.

Metode lain penurunan biaya administrasi yang berhubungan dengan kontrak berulang untuk bahan umum, adalah penggunaan kartu kredit perusahaan, juga dikenal sebagai “Pembelian Kartu” atau hanya “P-Cards”. Program P-kartu bervariasi, tetapi semua dari mereka memiliki pemeriksaan internal dan audit untuk memastikan penggunaan yang tepat. Manajer pembelian menyadari sekali kontrak untuk dolar rendah nilai habis berada di tempat, pengadaan dapat mengambil peran yang lebih kecil dalam operasi dan penggunaan kontrak. Masih ada pengawasan dalam bentuk audit dan review laporan bulanan, tetapi sebagian besar waktu mereka sekarang tersedia untuk bernegosiasi pembelian besar dan menyiapkan kontrak jangka panjang lainnya. Kontrak ini biasanya diperpanjang setiap tahunnya.

Kecenderungan ini jauh dari fungsi pengadaan harian (pembelian taktis) mengakibatkan beberapa perubahan dalam industri. Yang pertama adalah pengurangan personil. Pembelian departemen yang sekarang lebih kecil. Tidak ada kebutuhan untuk tentara pegawai pesanan untuk bagian-bagian individu pengolahan seperti di masa lalu. Perubahan lain adalah fokus pada negosiasi kontrak dan pengadaan peralatan modal besar. Kedua fungsi ini diizinkan membeli departemen untuk membuat kontribusi keuangan terbesar bagi organisasi. Sebuah istilah dan pekerjaan baru judul muncul – sumber Strategis dan Sourcing Manajer. Para profesional ini tidak hanya terfokus pada proses penawaran dan negosiasi dengan pemasok, tetapi seluruh fungsi penawaran. Dalam peran ini mereka mampu menambah nilai dan memaksimalkan penghematan untuk organisasi. Nilai ini diwujudkan dalam persediaan rendah, tenaga kurang, dan mendapatkan produk akhir ke konsumen organisasi lebih cepat. Keberhasilan pembelian manajer dalam peran ini mengakibatkan tugas baru di luar untuk fungsi pembelian tradisional – logistik, manajemen material, distribusi, dan pergudangan. Semakin banyak manajer pembelian yang menjadi Manajer Supply Chain menangani fungsi tambahan dari operasi organisasi mereka. Manajer pembelian bukan satu-satunya yang menjadi Pasokan Manajer Rantai. Manajer logistik, manajer material, manajer distribusi, dll semua naik fungsi yang lebih luas dan beberapa memiliki tanggung jawab untuk fungsi pembelian sekarang.

Dalam akuntansi, pembelian adalah jumlah barang perusahaan membeli sepanjang tahun ini. Hal ini juga mengacu pada informasi mengenai jenis, kualitas, kuantitas, dan biaya barang dibeli yang harus dipertahankan. Mereka ditambahkan ke persediaan. Pembelian diimbangi dengan Diskon Pembelian dan Retur Pembelian dan Tunjangan. Ketika harus ditambahkan tergantung pada Free On Board (FOB) kebijakan perdagangan. Untuk pembeli, persediaan baru ini ditambahkan pada pengiriman jika kebijakan itu FOB shipping point, dan penjual menghapus item ini dari persediaan. Di sisi lain, pembeli menambahkan persediaan ini pada penerimaan jika kebijakan itu tujuan FOB, dan penjual menghapus item ini dari persediaan ketika disampaikan.

Barang yang dibeli untuk tujuan lain selain penjualan langsung, seperti Penelitian dan Pengembangan, ditambahkan ke persediaan dan dialokasikan untuk Penelitian dan Pengembangan beban seperti yang biasa digunakan. Di samping catatan, peralatan dibeli untuk Penelitian dan Pengembangan tidak ditambahkan ke persediaan, tapi dikapitalisasi sebagai aset.

SUMBER: http://en.wikipedia.org/wiki/Purchasing