COST REDUCTION IN PURCHASING COST SAVING & RISK MITIGATION IN PURCHASING DEMAND FORECASTING & INVENTORY CONTROLL MANAJEMEN PENGADAAN BARANG DAN JASA PROCUREMENT MANAGEMENT PROFITABLE PURCHASING TEKNIK NEGOSIASI PEMBELIAN TOTAL COST OWNERSHIP (TCO) VENDOR MANAGEMENT
in Artikel & Berita - 04 May, 2015
by trainingpurchasing - no comments
PROSES PEMBELIAN (PURCHASING PROCESS)

Purchasing adalah proses formal membeli barang dan jasa. Proses pembelian dapat bervariasi dari satu organisasi ke yang lain, tetapi ada beberapa elemen kunci yang sama.

Proses ini biasanya dimulai dengan permintaan atau persyaratan -. Ini bisa untuk bagian fisik (inventory) atau layanan Sebuah permintaan yang dihasilkan, yang merinci persyaratan (dalam beberapa kasus memberikan spesifikasi persyaratan) tindakan departemen pengadaan yang . Sebuah request for proposal (RFP) atau permintaan untuk kutipan (RFQ) kemudian dinaikkan. Pemasok mengirimkan kutipan mereka dalam menanggapi RFQ, dan tinjauan dilakukan di mana tawaran terbaik (biasanya berdasarkan harga, ketersediaan dan kualitas) diberikan pesanan pembelian.

Pesanan Purchasing (PO) dapat dari berbagai jenis, termasuk:

  • Standard – satu kali beli.
  • Planed – kesepakatan pada item tertentu pada tanggal perkiraan.
  • Blanket – kesepakatan tentang syarat dan ketentuan khusus: tanggal dan kuantitas dan jumlah yang tidak ditentukan.

Pesanan Purchasing  biasanya disertai dengan syarat dan kondisi yang membentuk perjanjian kontrak transaksi. Pemasok kemudian memberikan produk atau layanan dan pelanggan mencatat pengiriman (dalam beberapa kasus ini berjalan melalui proses pemeriksaan barang). Faktur dikirim oleh pemasok yang diperiksa silang dengan pesanan pembelian dan dokumen yang menetapkan barang telah diterima. Pembayaran tersebut kemudian dibuat dan ditransfer ke pemasok.

sumber : wikipedia